SISTEM PEMBUANGAN ASAP DAPUR

Proses memasak baik menggunakan kompor gas atau heater pastilah mengeluarkan asap yang tidak sedikit tergantung dari jenis kompor dan bahan yang di masak dan besarnya api.

Industri makanan konvensional umumnya menggunakan exhaust biasa yang di tempelkan di dinding, cara ini sangat tidak efektif karena panas dan asap tidak fokus dan sulit bagi exhaust fan untuk membuangnya.

Oleh karena itu di perlukan sebuah Cooker hood atau di sebut juga exhaust hood di pasang tepat di atas area memasak berfungsi untuk mengumpulkan asap dan panas sebelum di keluarkan oleh exhaust fan.

Dengan menggunakan bahan stainless steel yang tahan panas dan mudah untuk di bersihkan, exhaust hood adalah perlengkapan yang vital untuk industri makanan anda.

     

Asap yang di tampung oleh exhaust hood kemudian di sedot oleh exhaust fan melalui cerobong asap yang di sebut juga ducting, bahan ducting adalah yang plat Bjls atau di sebut juga plat galvanis, bahan ini memiliki ketahanan yang cukup kuat terhadap karat dan perubahan suhu sehingga cocok untuk menyalurkan udara panas maupun dingin, sedangkan exhaust fan dapat menggunakan fan axial maupun sentrifugal tergantung lokasi yang tersedia dan besarnaya kapasitas yang di butuhkan.

                   AXIAL FAN                                                          SENTRIFUGAL FAN

    

    

 

Sentrifugal fan umumnya di pakai untuk industri dengan kapasitas sirkulasi udara yang besar sebagai exhaust maupun dust collector, exhaust jenis ini memerlukan tempat khusus yang lebih luas sedangkan axial fan dengan kapasitas kecil dapat di gantung, karena tidak banyak memerlukan tempat maka axial fan lebih sering di pakai untuk exhaust dapur.